top of page

Open House XXIX ALSA LC Unhas, One Step Closer to Refine Your Excellence In ALSA!



Asian Law Students’ Association Local Chapter Universitas Hasanuddin (ALSA LC Unhas) membuka pendaftaran bagi seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang telah mengikuti rangkaian Pembinaan Mahasiswa Hukum Universitas Hasanuddin. Konsep Open House berupa proses pengenalan lingkup ALSA International, ALSA National Chapter Indonesia, serta keluarga besar ALSA LC Unhas. 


Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 24-25 Februari 2024 kemarin, ALSA LC Unhas kembali melaksanakan Open House XXIX dengan tema “Embrace the Chance to Refine Your Excellence” dan kembali dilaksanakan secara offline pada tahun ini. 


Nabila Kiprah Islami yang akrab disapa Ila,  selaku Project Officer, menyampaikan bahwa makna dari tema Open House tahun ini adalah sebagai suatu kesempatan besar yang begitu sayang untuk dilewatkan bagi mereka yang ingin selangkah lebih maju untuk dapat mengembangkan potensi diri dan menyempurnakan keunggulan mereka dibandingkan dengan teman-teman lainnya. 


Director ALSA LC Unhas Periode 2023/2024, M. Yusril Izah Mahendra Rastach, menyampaikan dalam sambutannya bahwa sebuah pilihan tepat ketika teman-teman semua sudah memilih ALSA sebagai tempat untuk mengembangkan diri dan berorganisasi. ALSA adalah cerita tanpa titik, jadi saya menunggu cerita yang akan kita buat bersama. 


Pada kegiatan ini turut hadir pula Vice President of External Affairs ALSA Indonesia, Daffa Deta’ Prawira dan Pembina ALSA LC Unhas ibu Amaliyah, S.H., M.H. dengan memberikan sambutan serta membuka secara simbolis kegiatan Open House pada tahun ini. 

Setelah rangkaian agenda pembukaan pada hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan kelas inspirasi dengan materi dengan materi pertama yakni Sejarah ALSA yang dibawakan oleh Indira Mappangadjak, S.H., M.Kn. selaku Director of ALSA LC Unhas Periode 1999/2000. Kemudian dilanjutkan dengan sharing session bersama Treasurer of ALSA International Board Periode 2023/2024, Salsabila Mauly Junaidi, melalui platform zoom meeting dan juga Vice President of External Affairs ALSA National Board Periode 2023/2024, Daffa Deta’ Prawira yang hadir secara langsung untuk memberikan materi pada para peserta di Gedung Ipteks Universitas Hasanuddin.


Pada hari kedua, agenda diisi dengan dua kelas inspirasi dan satu Focus Group Discussion (FGD). Kelas inspirasi pertama bertajuk "Glance of ALSA: Exploring Values, Experiences, and Professional Influence" yang dibawakan oleh Andi Ahmad Ichsan Hady, S.H., M.H., selaku Manager LRC Department Periode 2018/2019. Kemudian dilanjutkan kelas inspirasi kedua bertema "ALSA Competitive Side: A Pathway to Chase Benefits" yang dibawakan oleh Nurdiansah, S.H., Vice Director of Internal 2012/2013. Setelah kelas inspirasi, diadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan topik "Kekosongan Hukum terkait Pengaturan Artificial Intelligence di Indonesia: Apakah Perlu Dibuatkan Regulasi Spesifik atau Tidak?". FGD ini bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis para calon anggota ALSA LC Unhas dalam menyikapi isu-isu terkini di bidang hukum.


Best Participant, M. Arham Jalal Bando dan Gabriela Lambert menyampaikan kesan selama mengikuti kegiatan ini. Arham dan Ela mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak panitia Open House ALSA LC Unhas karena telah memberikan wadah sebagai calon member ALSA LC Unhas untuk mengetahui lebih tentang ALSA. Selain itu, ilmu dan informasi yang diberikan tentunya sangat berguna bagi para peserta. 


Rangkaian kegiatan pada hari kedua ditutup dengan membuka surprise box tanda berakhirnya Open House dan saling merangkul sembari menyanyikan lagu ALSA Anthem sebagai penutupan Open House ALSA LC Unhas tahun ini.

30 views0 comments

Comments


bottom of page