top of page

Perolehan Prestasi Luar Biasa dari Para Delegasi ALSA LC Unhas pada Seminar & Workshop Nasional 2023 ALSA Indonesia

Updated: Mar 30



Seminar & Workshop Nasional 2023 yang merupakan salah satu program kerja dari National Board ALSA Indonesia kembali diselenggarakan tahun ini secara online. Pada kesempatan ini ALSA LC Unhas mengirimkan 10 delegasinya untuk mengikuti kegiatan Seminar & Workshop Nasional 2023 dengan tema yang dipilih “Consumer Protection Transformation: Legislative Draft Analysis as a Response to Contemporary Challenges of Change”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 16-23 Februari 2024.


Layaknya nama dari program kerja ini, Seminar & Workshop Nasional 2023 memiliki dua rangakaian agenda yakni Seminar dan Workshop. Agenda pertama dimulai dengan seminar yang mengangkat tema “Engaging in a Thoughtful Discussion on the Consumer Protection Bill” yang mengundang berbagai narasumber yang luar biasa yakni Dr. Henny Marlyna, S.H., M.H., M.L.I. selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Dr. David Tobing, S.H., M.Kn. selaku Lawyer Perlindungan Konsumen, Dr. Salamatul Aliyah selaku Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Bandung. Agenda ini dipandu oleh moderator yang merupakan  Dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran yakni Ibu Deviana Yuanitasari, S.H., M.H. Agenda selanjutnya yaitu workshop menghadirkan Rio Priambodo, S.H. selaku Consumers Consultant. Selain itu, pada agenda ini para peserta workshop membuat policy brief yang berisi rekomendasi Rancangan Undang-Undang Perlindungan Konsumen sesuai tema workshop tahun ini yaitu “Enhancing Public Participation and Legal Literacy in the Development of Consumer Protection in Indonesia” yang menjadi output dari kegiatan workshop ini.


Terlaksananya secara online tidak menurunkan semangat dari para delegasi ALSA LC Unhas. Hal ini terbukti dengan adanya delegasi yang menorehkan beberapa prestasi selama kegiatan yakni M. Yusril Izah Mahendra Rastach akrab disapa Yusril berhasil meraih penghargaan dengan kategori Best Presentation 3, Best Group 2, and Best Policy Brief 3, Juheni yang akrab disapa jeje meraih penghargaan dengan kategori Best Group 3 and Best Policy Brief 1, Muh. Ashari yang akrab disapa ashari meraih penghargaan dengan kategori Best Presentation 1, Best Group 1, and Best Policy Brief 2, dan Aina Adhwaa yang akrab disapa aina meraih penghargaan dengan kategori Best Presentation 2. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi ALSA LC Unhas dan dapat menjadi inspirasi bagi para anggota ALSA LC Unhas untuk tetap termotivasi untuk mengikuti acara nasional maupun internasional.


Pada Seminar & Workshop Nasional ini ALSA LC Unhas juga mengirimkan anggotanya untuk menjadi committee pada kegiatan ini, Muhammad Daffa Arifan yang akrab disapa Daffa menjadi Liaison Officer untuk Universitas Sriwijaya, Michael Ridho Raya Rabbani dan Kooi Hisam Alawi yang akrab disapa Ridho dan Hisam menjadi committee bagian Workshop pada Seminar & Workshop Nasional tahun ini.

20 views0 comments

Comments


bottom of page