top of page

MENJADI WADAH BAGI MAHASISWA BARU, ALSA LC UNHAS SUKSES SELENGGARAKAN KO-KURIKULER PERADILAN SEMU


Agenda foto bersama final ko-kurikuler di Fakultas Hukum Unhas


Ko-Kurikuler Peradilan Semu merupakan ko-kurikuler pilihan yang diselenggarakan oleh ALSA LC Unhas yang dimulai pada tanggal 15 Oktober - 3 Desember 2022 yang ditujukan bagi mahasiswa/i baru Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi nilai mata kuliah pilihan Ko-kurikuler.

Selain dari pemenuhan nilai mata kuliah pilihan Ko-kurikuler Peradilan Semu ALSA LC Unhas menyelenggaran Ko-kurikuker Peradilan Semu sebagai salah satu program kerja dari Moot Court Departement yang diharapkan dapat bermanfaat dan mengembangkan kemampuan peserta dalam hukum acara. Dalam kegiatan ini, para peserta tidak hanya menerima materi mengenai teori bagaimana cara proses pengadilan namun juga melakukan praktik peradilan semu dalam bentuk final yang nantinya akan dikonversi menjadi 1 sks.

Kegiatan Ko-kurikuler ini dilaksanakan selama setiap jadwal yang telah ditentukan, dimulai dengan pembukaan secara ceremonial pada tanggal 15 Oktober 2022, kemudian pada tanggal 3 Desember 2022 diadakan penutupan secara ceremonial. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline bertempat di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Selama pelaksanaan Ko-kurikuler, para peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kelas dengan interaktif terkait hukum acara pidana. Hingga dalam pelaksanaan final dilaksanakan praktik peradilan semua yang terbagi menjadi beberapa kelompok yang telah dilatih selama beberapa minggu oleh para pendamping dan former NMCC sebelumnya.



Sesi persidangan oleh mahasiswa baru ko-kurikuler peradilan semu


Diakhir kegiatan, peserta diberikan penghargaan yang terdiri atas The Best Participant, The Best Hakim, The Best Penasihat Hukum, The Best Penuntut Umum, The Best Team Panitera, The Best Saksi dan The Best Team sebagai bentuk apresiasi dalam keaktifan dan juga sebagai bentuk apresiasi dalam mendalami peran saat praktek peradilan semu.

“Secara keseluruhan kesan yang dapat saya ambil tentunya kegiatan yang sangat seru, mulai dari pembawaan materi yang enak dibawakan sehingga mudah untuk dimengerti meski tetap kompetitif membuat kami bersemangat sampai dengan sesi games di akhir pertemuan. Terlebih lagi di saat final walaupun kelompok kami terburu waktu tapi tentunya bisa have fun” Ungkap Adinda Febrianti salah satu peserta Ko-Kurikuler Peradilan Semu.

Putri Nabila Azzahra selaku Project Officer Ko-Kurikuler Peradilan Semu berpendapat bahwa telah menjadi suatu kehormatan baginya karena telah diberi amanah menjadi kepala sekola pada Ko-Kurikuler Peradilan Semu tahun ini. Selain itu, ia berharap segala ilmu yang diperoleh selama berlangsungnya kegiatan dapat bermanfaat yang dapat menjadi sarana memperluas cakrawala pengetahuan khususnya di bidang hukum acara pidana bagi peserta Ko-Kurikuler Peradilan Semu 2022.

“Dengan terselenggaranya Final Ko-Kurikuler Peradilan Semu tentunya tidak terlepas dari support dari berbagai unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan kokurikuler peradilan semu ini, saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas segala bentuk dukungan dari berbagai unsur yang terlibat dalam menyelenggarakan kegiatan ini, merupakan suatu kesyukuran bisa bekerja sama dengan teman-teman panitia yang dengan kerja kerasnya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung hingga akhir”. Tambah Nabila.


56 views0 comments
bottom of page