top of page

Tim NMCC ALSA LC Unhas Berhasil Membawa Pulang Piala 2ND Runner Up pada NMCC Bulak Sumur V


Agenda


Kabar membanggakan kembali datang tahun ini. Tim NMCC ALSA LC Unhas yang membawa nama Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin kembali mempersembahkan gelar 3rd runner up pada perlombaan peradilan semu National Moot Court Competition (NMCC) Bulaksumur V yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada. NMCC Bulaksumur sendiri merupakan salah satu kompetisi nasional peradilan semu perdata paling bergengsi di Indonesia yang selama 4 (empat) kali diadakan telah diikuti oleh berbagai Universitas di Indonesia. Materi NMCC Bulaksumur, tidak lain membahas mengenai seputar hukum perdata seperti Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum (PMH). Penilaian dari lomba ini mencakup kesesuaian dengan hukum formiil, kesesuaian dengan hukum materiil, dan kreativitas dalam persidangan.


Selain Juara III, delegasi NMCC Bulaksumur V juga berhasil menyabet gelar Kuasa Hukum Penggugat Terbaik. Sungguh sebuah prestasi yang membanggakan mengingat tahun ini para delegasi masih memiliki keterhambatan dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum usai. Oleh karena itu, Kompetisi pun diselenggarakan secara online dan offline, dengan Babak Penyisihan diselenggarakan secara online dan Babak Final diselenggarakan secara offline di Universitas Gadjah Mada. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat para delegasi yang latihan keras siang dan malam.


Delegasi NMCC Bulaksumur V terdiri dari 17 orang mahasiswa dengan 2 orang delegasi merupakan Official, yaitu delegasi yang bertugas mengurus kebutuhan administrasi dan perlengkapan delegasi lainnya. Ketujuh belas mahasiswa itu adalah Asmifta Sari Tunnur (2020) sebagai Ketua Delegasi, Fahmi Afham Fuady (2019), Meutia Tahaniah Eryanto (2020), M. Kaisar Fatwa Agung ARK. (2020), A Muhaimin Al-Qadri (2020), Diva Chaerani (2020), Ariel Putra Demmattayan (2020), Nurhidaya (2020), Kristianto Setiawan Rante Tasak (2020), Adi Firansyah. S (2021), Nurvairah Dwi Febrianingsih (2021), Zahra Isti Ulfiah Isman (2021), Muhammad Rafli Nur Rahman (2021), Muhammad Ali Islam Bahmi (2022), Raisya Femil Berliant (2022), Andi Rizqullah Ramadhan Akbar (2022), serta dua orang Official yaitu Arni Viratami Cahyani (2021) dan Muhammad Adriandy (2021).


“Mendapatkan juara 3 merupakan suatu prestasi yang begitu membanggakan. Meskipun juara di Bulaksumur V tidak lebih baik dari Bulaksumur IV dimana ALSA LC Unhas meraih juara 2, setidaknya juara ini membuktikan bahwa Marwah ALSA LC Unhas masih terjaga. Hal ini menjadi pemantik untuk terus memajukan NMCC ALSA LC Unhas dan terus menjalin sinergi demi lestarinya Marwah ALSA yang begitu khas ini”. Ujar Fahmi Afham Fuadi yang merupakan Vice Director of Academic Development ALSA LC Unhas.


Selanjutnya, Asmifta sebagai ketua delegasi NMCC Bulak Sumur V menjelaskan bahwa persiapan dilakukan sejak bulan Mei 2022 atau sekitar enam bulan waktu persiapan lomba. Setelah berkas dikirim, para delegasi melakukan latihan sidang rutin baik di Rumah Karantina (Rukar) ataupun di Ruangan Moot Court Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Selain itu, kesehatan juga wajib diperhatikan, baik kesehatan fisik maupun mental, karena persiapan lomba yang membutuhkan waktu cukup lama yaitu sekitar enam hingga tujuh bulan.


Dari prestasi membanggakan yang telah diraih oleh ALSA LC Unhas dalam NMCC Bulak Sumur V ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan prestasi ke depannya sehingga dapat mengharumkan nama ALSA LC Unhas.


22 views1 comment
bottom of page