top of page

ALSA Legal Advocation (ALVO) 2023: Menyongsong Kesejahteraan Melalui Advokasi Hukum dan Pendaftaran PBI JKN di Sulawesi Selatan


ALSA Legal Advocation (ALVO) kembali dilaksanakan tahun ini setelah terakhir dilaksanakan pada tahun 2021. Melalui Legal Research and Counseling Department (LRCD), ALVO dirancang untuk menjadi wadah untuk mengkaji dan mendiskusikan masalah hukum yang terjadi di masyarakat untuk dapat digunakan sebagai materi laporan penelitian dan sebagai landasan untuk melaksanakan kegiatan advokasi sebagai upaya memberikan bantuan konseling kepada masyarakat umum.


Kepesertaan program PBI JKN di Sulawesi Selatan mencapai 96,1%, namun beberapa masyarakat belum tersentuh oleh program ini, terutama pada masyarakat buruh, petani, dan nelayan yang belum mendapatkan bantuan kesehatan. Di Kabupaten Gowa, meskipun telah mencapai 99,5%, sekitar 7.000 masyarakat masih belum menerima manfaat dari program tersebut, sementara kesadaran pendaftaran di masyarakat perlu ditingkatkan. Hal tersebut yang melatarbelakangi pelaksanaan ALVO dengan tema “Proliferasi Kebermanfaatan Program Bantuan Iuran (PBI) KIS Untuk Mencapai Kesejahteraan Masyarakat.


Pada tahun ini, output dari ALVO adalah terdaftarnya masyarakat Kelurahan Bonto-Bontoa di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga masyarakat kurang mampu dapat menjadi peserta PBI JKN. ALVO dilaksanakan selama dua hari dengan konsep Pre-Event dan Main Event bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Gowa, BPJS Kabupaten Gowa, dan juga Pemerintah Kabupaten Gowa. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 17 November 2023 untuk Pre-Event dan 19 November 2023 untuk Main Event yang dimulai sekitar jam 09.00 WITA–Selesai. Kegiatan Pre-Event dilaksanakan di Kantor Kecamatan Somba Opu dan untuk Main Event dilaksanakan di Kantor Kelurahan Bonto-Bontoa. Agenda yang dilakukan pada Pre-Event ini adalah pembukaan kegiatan secara resmi oleh Camat Somba Opu, Kabupaten Gowa, Agus Salim, S. Sos., M. Si., secara resmi. Selanjutnya penyuluhan terkait PBI JKN oleh Pak Muhammad Ali, S.H., selaku Kepala Bidang Fakir Pemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Gowa kepada sasaran advokasi serta menghimpun data masyarakat yang layak menjadi peserta PBI JKN. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Kelurahan Bontoa-Bontoa. 


Selanjutnya pada Main Event ALVO 2023 dimulai dengan agenda acara pembukaan dan dilanjutkan oleh penyuluhan oleh dr. Fika Wiryawati Wirawan selaku Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Gowa dan Pak Muhammad Ali, S.H., selaku Kepala Bidang Fakir Pemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Gowa yang menyuluhkan tentang pentingnya jaminan kesehatan dan menjelaskan secara detail kepada masyarakat mengapa mereka harus memiliki jaminan kesehatan dan bagi mereka yang tidak mampu memiliki hak untuk jaminan kesehatan dibayarkan dengan cara mendaftarkan dirinya sebagai peserta PBI, kemudian setelah penyuluhan dibuka kembali pendataan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta PBI. Di sesi akhir ditutupi dengan penyerahan sertifikat secara langsung kepada pemateri Penyuluhan Hukum. 


54 views0 comments

Comments


bottom of page