top of page

Meningkatkan Keahlian Praktik Hukum Acara: ALSA LC Unhas Kembali Menggelar Ko-Kurikuler Peradilan Semu



Ko-Kurikuler Peradilan Semu merupakan salah satu ko-kurikuler pilihan yang dipercayakan oleh Fakultas Hukum Unhas kepada ALSA LC Unhas setiap tahunnya untuk memenuhi nilai mata kuliah bagi mahasiswa baru Fakultas Hukum Unhas.


Selain dari pemenuhan nilai mata kuliah, ALSA LC Unhas menyelenggarakan Ko-kurikuler Peradilan Semu sebagai salah satu program kerja dari Moot Court Departement yang diharapkan dapat bermanfaat dan mengembangkan kemampuan peserta dalam hukum acara. Dalam kegiatan ini, para peserta tidak hanya menerima materi mengenai teori bagaimana cara proses pengadilan. Namun, mereka juga melakukan praktik peradilan semu dalam bentuk final yang nantinya akan dikonversi menjadi 1 sks.


Pada tahun ini, Ko-Kurikuler Peradilan Semu diselenggarakan mulai tanggal 14 Oktober 2023 dengan diawali opening ceremony di Fakultas Hukum Unhas kemudian dilanjutkan dengan rangkaian materi terkait dengan hukum acara pidana yang dibawakan oleh pemateri yang sangat berkompeten di bidangnya. Berbeda dengan Ko-Kurikuler Peradilan Semu pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini ALSA LC Unhas menyelenggarakan Final Ko-Kurikuler Peradilan Semu berupa penampilan simulasi persidangan dan closing ceremony dengan meriah di Pengadilan Negeri Makassar pada tanggal 2 Desember 2023. 


Selama pelaksanaan Ko-kurikuler, para peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kelas dengan interaktif terkait hukum acara pidana. Sehingga, dalam pelaksanaan final dilaksanakan praktek peradilan semu yang terbagi menjadi 4 kelompok yang telah dilatih selama beberapa minggu oleh para pendamping yang merupakan anggota ALSA LC Unhas.

Diakhir kegiatan, peserta diberikan penghargaan oleh juri yang tentu berkompeten di bidangnya, penghargaan tersebut terdiri atas The Best Participant, The Best Judges, The Best Prosecutor, The Best Lawyer, The Best Witness, Expert, and Defendant, The Best Clerk of Court, dan The Best Team sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta.


48 views1 comment

1 Comment


faiqah nurul utami
faiqah nurul utami
Dec 26, 2023

Keren!!! Salah satu Ko-Kurikuler terbaik yang ada di Fakultas Hukum!

Like
bottom of page