top of page

ALSA LEGAL VISIT 2023: Kunjungan di Dua Kota Besar untuk Mengait Ilmu dan Membangun Relasi


Setelah beberapa tahun tidak terlaksana, ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan ALSA Legal Visit. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja External Affairs Department sebagai jembatan hubungan ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin dengan pihak luar baik itu local chapter, lembaga luar, maupun organisasi lainnya yang bertujuan untuk menambah wawasan maupun membangun relasi.


Tahun ini, ALSA Legal Visit mengangkat tema “Build Your Connection, Widen Your Legal Knowledge” yang bertujuan untuk menambah wawasan, membangun, menjaga, serta mempererat tali silaturahmi dengan lembaga dan instansi terkait maupun hubungan antar sesama Local Chapter. Kegiatan ini melakukan kunjungan ke beberapa instansi yang berada di ibukota Indonesia, Jakarta. Selain agenda ALSA Legal Visit, diadakan pula ALSA Visit yang menggaet 3 Local Chapter, yakni Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, dan Universitas Sam Ratulangi.


Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 September 2023 yang berlokasi di Jakarta dengan menggaet 2 instansi ternama, yakni Instansi Pusat pelaporan dan Analisis Transaksi keuangan (PPATK) dan Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI). Dilanjutkan dengan ALSA Visit Local Chapter pada tanggal 26 september 2023 yang bertempat di ALSA Local Chapter Universitas Diponegoro, yang turut dihadiri oleh ALSA Local Chapter Universitas Sam Ratulangi dan ALSA Local Chapter Universitas Andalas.


Kunjungan yang dilakukan di kantor instansi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memiliki agenda sesi transfer knowledge mengenai peran PPATK dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan melaporkan transaksi keuangan yang mencurigakan kepada aparat hukum yang dipandu oleh bapak Azamul Fadhly Noor, S.H, M.H. Sedangkan kunjungan di kantor Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) mempunyai beberapa agenda, dimana agenda pertama yaitu melakukan office tour AKPI dan dilanjut dengan agenda sambutan oleh ketua umum AKPI bapak Imran Nating, S.H., M.H.. Terakhir, dilaksanakannya sesi transfer knowledge terkait prosedur maupun sistematika kantor AKPI yang dibawakan Sekretaris Jenderal dari AKPI yaitu bapak Nien Rafles Siregar, S.H., M.H.


Salah satu pegawai PPAT, Pak Otniel dari Direktorat Hukum dan Regulasi PPATK mengatakan, “Saya selaku pegawai PPATK merasa bangga karena dari kegiatan ini rekan-rekan ALSA berkenan untuk mengunjungi kantor kami dan memiliki niat dalam melakukan studi atau belajar lebih lanjut terkait bagaimana tugas dan fungsi dari PPATK seperti finalisasi PPU. Hal ini juga bisa menjadi sarana kami untuk menyosialisasikan tugas dan fungsi utama PPATK dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang serta pendanaan terorisme.”


ALSA Visit yang berlangsung di Universitas Diponegoro memiliki dua agenda utama, yaitu agenda kuliah umum dengan tema yang diusung oleh Universitas Diponegoro yakni “Hukum Bisnis Berdasarkan Asas Kontrak dan Asas Bebas Berkontrak dengan Sanksi Perdata Terhadap Pelaku yang Melakukan Perbuatan Curang dalam Bisnis Dihubungkan dengan Kitab Undang-undang Hukum Perdata” yang dibawakan oleh pemateri Ibu Siti Malikhatun Badriyah, S.H., M.H. Agenda selanjutnya yaitu campus tour Universitas Diponegoro dan ditutup dengan agenda gala dinner yang berlokasi di Tiga Surya Cafe Semarang untuk meningkatkan hubungan kekeluargaan antar Local Chapter.


Director ALSA Local Chapter Universitas Diponegoro, Vivi Tri Meidiani Putri turut menyampaikan ungkapan terima kasih yang mendalam atas kunjungan ALSA LC Unhas atas segala kegiatan yang dilaksanakan semoga bisa menjadi kesan terbaik bagi ALSA LC Unhas

69 views0 comments

Comentarios


bottom of page