top of page

Apa Alasan TikTok Shop Dapat Beroperasi Kembali di Indonesia?



Kepada: Saudara/Saudari Penanya


Dari: Counselor Team ALSA LC Unhas


Perihal: Pengizinan kembali pengoperasian Tiktok Shop di Indonesia, setelah sempat pengalami pelarangan operasional oleh Menteri Perdagangan.


Jawaban:

TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia setelah sebelumnya di tutup pada 4 Oktober 2023. Pemerintah Indonesia telah merilis Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31 Tahun 2023, yang memaksimalkan perizinan usaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik. Namun, TikTok Shop masih tidak bisa menjalankan karena pemerintah melarang aplikasi asal China tersebut. Alasan yang mengikat bahwa, melalui permen tersebut, pemerintah melakukan pelarangan pengintegrasian antara e-commerce dan social media (social-commerce). Selain itu, TikTok Shop belum memiliki izin usaha sebagai market place di Indonesia.


TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia setelah berinvestasi sebesar Rp23,4 triliun kepada PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan mengintegrasikan bisnis TikTok Shop dengan Tokopedia. Dengan kata lain bahwa saat ini TikTok Shop beroperasi tidak secara independen. Melainkan mereka beropreasi dengan atas nama perizinan PT. GoTo (Melalui market place Tokopedia).


Disclaimer

1. Jawaban ini tidak merepresentasikan kepentingan organisasi dan murni hanyalah pendapat hukum.

2. Apabila di kemudian hari terdapat dokumen-dokumen dan/atau keterangan-keterangan lain yang kami terima setelah pendapat hukum ini diberikan, tidak menutup kemungkinan terhadap pendapat hukum ini dapat dilakukan perubahan.

3. Jawaban ini disusun oleh Counselor Team ALSA LC Unhas yang bekerja sama dengan Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum (UKBH) Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

41 views0 comments

Comments


bottom of page