Apakah jurusan hukum bisa jadi diplomat?


Dari : Counselor Team ALSA LC Unhas


Perihal :

Apakah jurusan hukum bisa jadi diplomat?


Penjelasan :

Saudara yang terhormat,


Diplomat merupakan orang yang membentuk atau memelihara hubungan internasional, baik itu hubungan antar negara di bidang ekonomi, perdagangan, budaya, lingkungan, hak asasi manusia, hingga keamanan dan perdamaian. Selain itu, diplomat juga berperan untuk merundingkan surat perjanjian internasional sebelum disepakati bersama-sama secara resmi oleh politisi kedua pihak. Lantas, apakah sarjana hukum bisa jadi diplomat? Ya, sarjana hukum dapat menjadi dikarenakan terdapat prioritas tersendiri dari Kementerian Luar Negeri bagi sarjana hukum dengan spesialisasi hukum internasional saat melamar sebagai diplomat. Namun di samping penguasaan hukum, kemampuan mengomunikasikannya dengan bahasa asing yang fasih adalah hal mutlak bagi diplomat.


Saran:

Apabila Saudara tertarik atau berkeinginan untuk menjadi seorang diplomat, maka ada beberapa hal dasar yang perlu Saudara perhatikan, antara lain sebagai berikut:

  1. Kemampuan berbahasa asing, tugas diplomat adalah memelihara hubungan internasional dengan negara lain sehingga menguasai berbagai bahasa sangatlah penting untuk menunjang komunikasi; dan

  2. Kemampuan menguasai pengetahuan umum, diplomat merupakan representatif dari negara asalnya atau yang diwakilkan sehingga sangatlah perlu untuk menguasai seluk beluk negaranya sendiri.





*Disclaimer*

1. jawaban ini tidak merepresentasikan kepentingan organisasi dan murni hanyalah pendapat hukum.

2. apabila di kemudian hari terdapat dokumen-dokumen dan/atau keterangan-keterangan lain yang kami terima setelah pendapat hukum ini diberikan, tidak menutup kemungkinan terhadap pendapat hukum ini dapat dilakukan perubahan.

1 view0 comments