top of page

Kenapa Amerika Serikat Dapat Membatalkan Resolusi Gencatan Senjata Israel-Palestina Pada Sidang Dewan Keamanan PBB?


Kepada: Saudara/Saudari Penanya


Dari: Counselor Team ALSA LC Unhas


Perihal:

Bagaimana bisa Amerika Serikat dapat membatalkan gencatan senjata Israel-Palestina pada sidang Dewan Keamanan PBB (United Nation Security Counsil)?


Pembahasan:

Amerika Serikat memiliki hak eksklusif yang disebut dengan hak veto. Hak veto memungkinkan Amerika Serikat untuk menggagalkan resolusi yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB. Dalam kasus gencatan senjata Israel-Palestina, Amerika Serikat menggunakan hak veto untuk menggagalkan resolusi yang didukung oleh 13 anggota Dewan Keamanan. Dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB, 5 suara negara anggota tetap adalah Amerika Serikat, Inggris, China, dan Rusia.


Hak veto adalah hak istimewa yang dimiliki oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB (DK), yaitu Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, dan Perancis. Hak veto memberikan kewenangan untuk membatalkan atau melakukan veto terhadap permasalahan yang telah diambil dalam sidang umum Dewan Keamanan PBB, seperti keputusan, ketetapan, rancangan peraturan, undang-undang, atau resolusi. Oleah karena itu, walaupun dalam resolusi gencatan senjata pada sidang Dewan Keamanan PBB (UNSC) secara dominan menyetujui resolusi tersebut, akan tetapi Amerika Serikat memberikan ketidaksetujuannya, maka resolusi tersebut dibatalkan karena negara yang tidak menyetujui, dalam hal ini Amerika Serikat memiliki hak veto.


Disclaimer

1. Jawaban ini tidak merepresentasikan kepentingan organisasi dan murni hanyalah pendapat hukum.

2. Apabila di kemudian hari terdapat dokumen-dokumen dan/atau keterangan-keterangan lain yang kami terima setelah pendapat hukum ini diberikan, tidak menutup kemungkinan terhadap pendapat hukum ini dapat dilakukan perubahan.

3. Jawaban ini disusun oleh Counselor Team ALSA LC Unhas yang bekerja sama dengan Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum (UKBH) Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

48 views0 comments

Comments


bottom of page