top of page

Mempersiapkan Diri dalam Menghadapi TOEFL bersama ALSA LC Unhas Melalui ALSA E-PROSS



Tahun ini, ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan kegiatan menarik yang berhubungan dengan bahasa Inggris, yakni ALSA English Proficiency Class atau biasa disebut ALSA E-PROSS. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari English Department ALSA LC Unhas yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada peserta dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. ALSA E-PROSS tahun ini berhasil melakukan bekerja sama dengan instansi pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yaitu Schoters by Ruangguru, yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Adapun kegiatan ini mengusung tema “Acing TOEFL: A Path to Develop Your English Competency” yang akhirnya mengumpulkan peserta sebanyak 74 orang.


Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting yang diawali dengan agenda Opening Ceremony pada tanggal 25 Agustus 2023 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Fakultas Hukum Unhas. Setelah itu, peserta diminta untuk mengerjakan Pre-Test TOEFL ITP Prediction yang telah disediakan oleh pihak Schoters. Agenda dilanjutkan dengan pemberian kelas interaktif selama 3 kali pertemuan pada tanggal 26-27 Agustus dan 2 September 2023. Materi yang diberikan pada kelas interaktif ini mencakup Listening Comprehension, Structure & Written Expression, dan Reading Comprehension. Adapun materinya dibawakan langsung oleh pemateri luar biasa dan juga salah satu tutor berpengalaman di Schoters, yakni Mochamad Edwin Iskandar atau akrab disapa Mr. Edwin. Dan pada tanggal 3 September 2023, peserta kemudian dihimbau untuk mengikuti agenda Closing Ceremony serta mengerjakan Post-Test TOEFL ITP Prediction.


ALSA E-PROSS hadir guna membantu siswa SMA, mahasiswa, fresh graduate, sampai pekerja untuk menilai sejauh mana mereka dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini juga dikemas sebaik mungkin untuk turut mengakomodasi peserta dalam mempersiapkan diri mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris atau TOEFL yang tentunya sangat bermanfaat dalam mengukur kemampuan seseorang dalam berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris melalui kelas interaktif serta pemberian Pre-Test dan Post-Test.


Dalam sambutannya, Project Officer ALSA E-PROSS mengungkapkan, “ALSA English Proficiency Class memiliki signifikansi besar bagi individu yang ingin memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris mereka atau yang berencana untuk mengejar pendidikan di luar negeri. Untuk mereka yang bercita-cita mengejar studi di luar negeri, kompetensi berbahasa Inggris seperti kemampuan mendengar, membaca, dan menulis menjadi sangat penting. Saya percaya bahwa program ini tidak hanya bermanfaat bagi anggota ALSA, tetapi juga bagi semua orang di berbagai kalangan. Saya berharap kegiatan ini akan terus mendukung perkembangan kemampuan berbahasa Inggris masyarakat di masa depan, yang pada gilirannya akan mempersiapkan diri mereka dalam bidang akademik dan profesional.”


68 views0 comments

Comments


bottom of page