top of page

Mengintegrasikan Beberapa Program Kerja, AMCA Hadir Dengan Konsep yang Segar!


ALSA Moot Court Academy (AMCA) merupakan sekolah peradilan semu yang dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan pemberian materi-materi tentang hukum acara baik secara formil maupun materil dengan tujuan agar Anggota ALSA LC Unhas maupun Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas mampu mengasah keterampilan hukum baik dari segi substansi maupun praktik. AMCA juga menjadi wadah bagi calon delegasi NMCC untuk mengenal lebih dalam terkait dengan NMCC itu sendiri dan wadah untuk mencari bibit-bibit Delegasi NMCC.


Selain itu, AMCA menjadi salah satu signature program besutan ALSA Local Board Unhas 2022/2023. Program ini mengintegrasikan program Intensive Moot Court School (IMCS) dan juga ALSA Moot Court Academy (AMCA) itu sendiri. Kebaharuan itu hadir melalui konsep pelatihan-pelatihan berjenjang mengenai Hukum Acara Pidana yang kemudian dipraktekkan secara langsung melalui simulasi sidang peradilan semu. Tahun ini, kegiatan AMCA dilaksanakan sejak tanggal 24 Juni 2023 hingga 24 Juli 2023 di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.


Demi memastikan kualitas substansi materi, AMCA menggaet para praktisi, akademisi, serta alumni delegasi National Moot Court Competition untuk turut serta terlibat dalam kegiatan ini, baik sebagai pemateri maupun sebagai dewan juri. Komposisi pemateri dari latar belakang yang beragam tersebut mengantarkan para peserta pada pemahaman yang lebih komprehensif dengan pendekatan sudut pandang yang beragam pula. Hal tersebut diharapkan mampu menjadi modal peserta untuk mengantar para teori Hukum Acara Pidana, Metode Pengkajian Kasus Posisi, Pengenalan terhadap Berkas Perkara, serta Alur Persidangan.


Pada tahun ini, AMCA berhasil mengumpulkan 51 peserta. Peserta tersebut diharapkan mendapatkan manfaat dari program kerja ini. “Harapannya semoga ilmu yang teman-teman dapatkan selama rangkaian AMCA tahun ini dapat bermanfaat baik itu dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja nantinya”, ucap Nur Hafni, Project Officer AMCA 2023, pada acara penutupan AMCA. Sejalan dengan harapan tersebut, Muhammad Rizqi Ardian, Sebagai Best Participant AMCA telah merasakan manfaat dari program ini. “Melalui kegiatan Moot Court Academy ALSA saya memperoleh pengetahuan dasar terkait hukum acara pidana mulai dari asas, teknik hingga metode yang digunakan dalam mengkaji suatu kasus posisi”, balas Rizqi dalam sesi wawancara khusus.


45 views0 comments

Comments


bottom of page