Meningkatkan Kemampuan Dalam Persiapan Dunia Kerja, ALSA LC Unhas Mengadakan ALSA Law Field Study


Agenda pelepasan peserta ALSA Law Field Study (ALFS) yang dilaksanakan oleh panitia ALFS di berbagai instansi salah satunya Kejaksaan Negeri Makassar pada tanggal 18 Juli 2022.



ALSA Law Field Study (ALFS) merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh ALSA LC Unhas dalam rangka menyediakan wadah dengan melakukan magang ke instansi untuk anggota ALSA LC Unhas. Tujuan dari kegiatan ALFS ini untuk Memfasilitasi anggota ALSA LC Unhas untuk menerapkan ilmu hukum yang mereka terima dibangku perkuliahan dalam berbagai kasus, transaksi, isu-isu hukum dalam lingkup profesional, dan memberikan pengalaman baru kepada anggota ALSA LC Unhas dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, utamanya dalam bidang hukum.


Instansi-instansi yang menjadi afiliasi sebagai tempat magang dalam ALFS tahun ini ada dari instansi pemerintah dan non-pemerintah. Instansi-instansi tersebut antara lain; Saiful Anam & Partners Advocates and Legal Consultant, Tadjuddin Rachman Law Firm, Kejaksaan Negeri Makassar, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Kementerian Hukum & HAM Sulawesi Selatan, Kalla Group, Amerta Justicia Law Firm, Firma Hukum Syahrir Cakkari & Partners, Chandra Aksana & Partners, Balai Harta Peninggalan (BHP), Notaris Mustahar, Notaris Tasrif Sultan Malano, Notaris & PPAT Supriyanto.


Salah satu peserta ALFS yang melakukan kegiatan magang yakni Muhammad Rafli Nur Rahman yang akrab disapa dengan Rafli tentunya mendapatkan banyak pengalaman pada saat mengikuti rangkaian magang, “Sebenarnya saya jadi lebih tau banyak hal, karena banyak sekali hal yang saya belum mengerti saat pertama kali saya masuk ke mabes polri, kemudian dikasih pemahaman apa yang membedakan laporan di polsek polres polda dan polri terus ketemu sama beberapa orang keren keren juga” jelas Rafli dalam membagikan pengalamannya saat melakukan magang di Saiful Anam & Partners Advocates and Legal Consultant yang bertempat di Jakarta.

Agenda penarikan peserta ALFS sekaligus penyerahan plakat di seluruh instansi magang salah satunya yaitu Kalla Group yang dilakukan oleh Panitia ALSA Law Field Study pada tanggal 19 Agustus 2022.


Kegiatan ALFS mulai dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022, yang diawali dengan agenda Pre-Internship atau pembekalan sebelum melaksanakan magang. Kemudian agenda pada tanggal 18 Juli yaitu pelepasan peserta ALFS di instansi atau kantor yang dijadikan tempat magang. Setelah melakukan magang selama kurang lebih 1 bulan, panitia ALFS melakukan penarikan pada tanggal 19 agustus 2022. Selain itu pada tahun ini kegiatan ALFS diakhiri dengan rangkaian seminar hasil dan penutupan pada tanggal 21 Agustus 2022 dimana setiap peserta magang diwajibkan mempresentasikan hasil yang telah dilakukan selama magang sebagai bentuk pertanggungjawaban peserta dan wadah untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan di instansi masing-masing kepada anggota ALSA LC Unhas yang bertempat di Lab. Moot Court Dr. Harifin Tumpa S.H., M.H.

Agenda penarikan peserta ALFS sekaligus penyerahan plakat di seluruh instansi magang salah satunya yaitu Kalla Group yang dilakukan oleh Panitia ALSA Law Field Study pada tanggal 19 Agustus 2022.

Kegiatan ini dipimpin oleh seorang Project Officer bernama Yusril Izah Mahendra Rastach yang akrab disapa Yusril, bersama dengan jajaran panitia mereka sukses menyelenggarakan ALFS. “Harapan saya kepada peserta ALFS semoga magang atau bekal yang teman-teman dapatkan dari sini dapat kalian implementasikan ketika perkuliahan maupun setelah menyandang gelar sarjana, dan saya berharap pula untuk apa yang teman-teman dapatkan menjadi berkah untuk kita semua” Ujar Yusril dalam harapannya setelah kegiatan ALFS.


Setelah berlangsungnya kegiatan ALFS yang berafiliasi dengan berbagai instansi. Diharapkan kepada peserta tetap dapat mengimplementasikan hal-hal apa saja yang didapatkan saat melakukan magang, dalam bentuk implementasinya baik dilakukan melalui perkuliahan dengan ilmu yang didapatkan, maupun pada saat mempersiapkan diri untuk dunia kerja nantinya

44 views1 comment