top of page

Peningkatan Kualitas Hidup Lansia Melalui ALSA Social Event




ALSA Social Event, salah satu kegiatan tahunan dari ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin yang bertujuan sebagai wadah dalam memberikan manfaat serta meningkatkan awareness dan kepedulian anggota ALSA LC Unhas terhadap masyarakat, sekaligus sebagai bentuk dalam mengimplementasikan salah satu dari pilar ALSA yaitu Socially Responsible.


Pada tahun ini, ALSA Social Event memfokuskan kepedulian terhadap lansia dengan tema "Empowering and Caring For The Elders’ Welfare, to Cherish Their Golden Years" yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 9-10 September 2023 yang bertempat di Aula Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyelenggaraan ALSA Social Event 2023 dibagi menjadi dua agenda kegiatan, yakni Pre-Event dan Main Event. Pre-Event sendiri dilaksanakan pada tanggal 5-6 September 2023, dengan menyebarkan konten berupa informasi kegiatan serta pemberian challenge kepada masyarakat umum yang nantinya akan diposting pada akun Instagram dengan menggunakan tagar #OneDayWithLansia. Sedangkan agenda Main Event dilaksanakan pada tanggal 9-10 September 2023 yang berlokasi di Aula Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, dengan mendatangkan lansia sebagai peserta untuk mengikuti beberapa kegiatan bermanfaat, seperti medical check up dan pembuatan minuman herbal yang dilaksanakan pada hari pertama. Selain itu juga dilakukan pemberian konseling mengenai kesehatan mental serta membuat kerajinan tangan pada hari kedua selain itu juga terdapat agenda menyenangkan lainnya seperti fun games bersama lansia yang dilanjutkan dengan sesi awarding.

Dalam menjalankan serangkaian agenda acara pada kegiatan ALSA Social Event 2023, ALSA LC Unhas melakukan kerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unhas, Forum Mahasiswa Gizi Unhas, Pusat Layanan Konseling Psikologi Unhas, dan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Makassar, serta Laboratorium Klinik Prodia yang turut mengambil peran sebagai sponsorship dalam mendukung acara ini.


Salah satu dari peserta, ibu Raodah mengatakan bahwa "saya sangat terhibur dan mendapatkan perhatian dari anak-anak disini semoga mereka tumbuh menjadi dewasa yang baik dan bisa menghargai orang tua"


Diharapkan dengan adanya kegiatan ALSA Social Event pada tahun ini dapat meningkatkan awareness kepada para pemuda-pemudi untuk terus memberikan kepedulian serta kasih sayangnya kepada lansia di usia emas mereka agar selalu semangat, sehat, dan bahagia dalam menikmati hari tuanya.


72 views0 comments

Comentários


bottom of page