top of page

Setelah 3 tahun Vakum ALSA LC Unhas Kembali Menyelenggarakan ALSA English Competition

ALSA adalah Organisasi Mahasiswa Hukum yang berpegang pada empat pilar, yaitu: Academically Committed, Legally Skilled, internationally minded, dan Socially Responsible. Atas dasar hal tersebut ALSA LC Unhas mengadakan ALSA English Competition Dengan Tujuan Memberikan wadah pada generasi muda untuk mengasah bakat, potensi, dan minat yang dimiliki dalam bidang Bahasa inggris dengan berbasis kompetisi. Adapun beberapa cabang kompetisi yang dilaksanakan pada ALSA English Competition mencakup kompetisi: Debate, Speech, Storytelling, Battle of Brain, dan Newscasting.


Mengusung tema Preserve The Indigeneous Value, Setting Up The Triumph Of Humanity. Alsa English Competition (AECO) Berkeinginan Peserta Lomba Mampu Memahami tentang Masyarakat Adat yang dimana Revolusi Industri 4.0 yang tengah berlangsung hari ini menempatkan Masyarakat Adat dalam posisi rentan. Kegiatan Industri yang seringkali berlangsung di Kawasan rural yang jauh dari Pusat Kota dan menjadi tempat tinggal kelompok masyarakat yang menjaga keberlangsungan tradisi mereka. Dimana proses Industrialisasi, terlepas dari bentuk transformasi yang dibawakannya akan selalu menciptakan penyingkiran dan pemusnahan kelompok masyarakat yang menolak tunduk pada standar-standar peradaban dan kesejahteraan hari ini.


ALSA LC Unhas Kembali Menggelar Kegiatan Kompetisi ALSA English Competition (AECO) di tahun 2022 , setelah sempat tertunda selama 2 tahun dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda. AECO 2022 Kembali Dengan Mempersembahkan Trophy Gubernur Untuk Juara Umum, Kompetisi ini di gelar Bagi Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA) SE- Provinsi Sulawesi Selatan.


Kegiatan AECO 2022 Mulai Di laksanakan Pada Tanggal 27 Oktober 2022 Hingga 30 Oktober 2022, Pembukaan dilaksanakan Pada Hari Kamis, 27 Oktober 2022 yang diselenggarakan Bertempat Di Baruga Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H. Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Beserta Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Penyerahan Piala Juara 1 Branch Newscasting Kepada Farel Dystankovic Dari SMA Plus Budi Utomo Makassar, Yang Di Serahkan Oleh Muhammad Ramadany Mustamin, S.H. ( Dewan Pembina Organisasi ALSA LC Unhas).


Salah Satu Peserta AECO Yang Mengikuti Lomba Yakni Johannes Virgi Agung Gerungan atau yang biasa di sapa Johanes asal Sekolah SMA 5 Pare- Pare Memberikan Apresiasi Terhadap Kompetisi AECO 2022 ini “Dapat dikatakan AECO itu merupakan lomba terbaik yang pernah saya ikuti. Mengapa demikian? Karena AECO Mempertemukan saya dengan banyak orang yang mempunyai pengalaman lebih, sehingga saya mempunyai wawasan yang jauh lebih luas semenjak mengikuti lomba ini. Salah satu peserta lainnya juga yang menjuarai Salah Satu Branch lomba Yaitu Farel DY Stankovic yang biasa di sapa Farel Asal Sekolah SMA Plus Budi Utomo Makassar juga mengatakan Bahwa Kompetisi AECO sangat berbeda dengan Beberapa Lomba Kompetisi bahasa inggris yang pernah ia ikuti “ AECO Merupakan Kompetisi yang menurut saya adalah Kompetisi Bahasa inggris yang bergengsi karena di ikuti oleh sekolah-sekolah terbaik di Sulawesi Selatan Seperti Zion, Jubels, Smudama, Dan sekolah lainnya.


Kegiatan ini dipimpin oleh seorang Project Officer Bernama Jenizah Avriani Nor yang akrab disapa Jeni, bersama dengan Jajaran Panitia Mereka sukses menyelenggarakan AECO 2022 ini “Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua komponen yang telah membantu dalam preparasi AECO 2022. Selama 4 hari terakhir, panitia telah melaksanakan masing-masing cabang Kompetisi kami di fakultas hukum Universitas Hasanuddin. Kami senang melihat antusiasme para Participants kami terhadap AECO 2022, kami juga telah melihat banyak pertunjukan hebat di setiap cabang kompetisi, dan saya berharap semua kerja keras para Participants terbayar. Selanjutnya sebagai perwakilan panitia, saya ingin meminta maaf atas segala kesulitan atau ketidaknyamanan yang dihadapi Participants kami dalam kemajuan di AECO 2022. Sekali lagi, terima kasih banyak atas antusiasme para kompetitor dan Semoga sukses selalu untuk semua delegasi!”


Setelah Berlangsungnya Kompetisi AECO Ini, Diharapkan Kepada Peserta Dapat Mengimplementasikan hal-hal apa saja yang didapatkan saat mengikuti Lomba, yang mana bentuk pengimplementasiannya dilakukan melalui Pembelajaran dengan Ilmu yang didapatkan, maupun pada saat menghadapi tantangan kedepannya.


Pemukulan Gong pertanda di Buka Nya ALSA English Competition (AECO) 2022 Oleh Bapak Dr. H. Muliono Caco, MM., M.Kes. ( Koordinator Pengawas Lingkup Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan) Bersama Dr. Maskun, S.H., LL.M ( Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Kamis (27/10/2022).

6 views0 comments
bottom of page